Kamis, 06 Maret 2014

Asal Usul Kumis Jojon

BY BERITA RINGAN IN No comments

toothbrush mustache
Djuhri Masdjan alias Jojon, everybody comedian, sosok pelawak legendaris yang namanya boleh disejajarkan dengan Benyamin Suaib, Bagyo, bahkan Bing Slamet. Semoga arwah mereka diterima disisi Allah SWT, Aamiin YRA. Barangkali banyak diantara kita yang penasaran dengan ciri khas Jojon yaitu kumis saeprit (nanggung). Kumis yang sama model dengan Charlie Chaplien dan Sang kaisar Perang dunia kedua Adolf Hitler.

Kumis nanggung ala Jojon, Charlie Chaplin dan Adolf Hitler ini dalam dunia perkumisan disebut dengan Toothbrush Mustache alias kumis sikat gigi. Model kumis sikat gigi mulai dikenal diakhir abad ke 19. Di Eropa model kumis sikat gigi digunakan oleh para raja dan bangsawan sehingga disebut juga kumis raja atau kumis kaisar. Konon kaisar Jepang pun ikut mempopulerkan model kumis ala Jojon ini.

toothbrush mustache


Pada perjalanannya kumis ini menjadi terkenal di Amerika Serikat setelah menjadi ciri khas aktor komedi Charlie Chaplin. Mode kumis sikat gigi ini menjadi trend diseluruh dunia, entah kenapa kumis ini banyak disukai petinggi militer seperti di Jerman dan di Jepang. Dari tampan menjadi lucu, kemudian citra kumis ini menjadi kejam setelah Hitler ajeg mencukur kumisnya seperti Charlie Chaplien, tetapi tidak pasti apakah Hitler meniru Charlie chaplien?

toothbrush mustache

Banyak tokoh dunia kemudian bergaya dengan kumis sikat gigi ini, dari mulai selebritis hingga kepala negara, bahkan Pebasket legendaris Michael Jordan berkumis ala Jojon dalam iklan komersial Hanes.
toothbrush mustache

0 komentar:

Posting Komentar